2013/07/24

!Mulutmu Harimaumu

Mulutmu Harimaumu yup pepatah itu sering kita dengar dan tidak sedikit juga yang pernah merasakannya. Mulut itu adalah Anugrah Tuhan yang sangat indah dan juga paling berbahaya , indah itu kalau di gunakan sebagaimana fungsinya. Contohnya saja untuk nge-gombal misalnya ya.
Contoh yang baik:
Cowok : Kemarin aku ke dokter mata. Kamu tau apa kata dokter?
Cewek : Apa? Parah?
Cowok : Kata dokter ada kamu di mataku.
Contoh yang tidak baik:
Cowok=Papa kamu Dokter Kelamin ya?
Cewek=Kok tau sih?
Cowok=Pantesan muka kamu mirip alat kel*min

Gombal-Gombal di atas saya dapat dari beberapa narasumber.


Lalu apa keburukan dari sebuah mulut, saya akan bercerita mengenai teman saya Bumbeng. Di Sekolah saya ada pelajaran sastra dan kita di suruh untuk maju ke depan dan menceritakan pengalaman apa yang layak untuk di ceritakan dan pesan dari kisah itu. Lalu giliran Bumbeng tiba , dengan gagah berani dia maju. Badannya besar,kulitnya legam,matanya bulat menyorot , namun entah kenapa suaranya tidak terdengar sama sekali ketika dia berbicara . Namun tiba-tiba dia berteriak agar keras "k*ntol" bagi anda yang tidak tahu arti k*ntol, k*ntol artinya titit. 1Kelas pun melongo dan guru-ku pun juga kaget dengan apa yang di katakannya, ternyata dia berkata begini:
"Jadi siang itu aku sedang pulang sekolah, lalu tiba-tiba teman saya berlari ke arah saya dan menendang <-- (suara lirih dan lemah dan agak serak-serak basah) K*NTOL saya <-- (dengan suara keras dan lantang) Lalu akhirnya saya terjatuh dengan tangan di bawah untuk menopang badan saya agar tidak kena tanah <-- (kembali dengan suara lirih ala Deeewi Persikk ) Maka dari itu tangan saya retak.Jadi pesan dari kisah ini adalah bila nanti kalian jatuh taruh tangan anda di dada.Sekian cerita dari saya, kata Bumbeng dengan bangganya. Ya Tuhan.. Makhluk apa yang telah kau ciptakan ini? Apa pesan moral yang ingin di sampaikan Bumbeng , Jatuh dengan tangan di dada?Entah akan jadi apa anak-anak dari Bumbeng ini..
Lalu bagian yang kedua lagi masih pelajaran sastra dan narasumber masih Bumbeng.Guruku bercerita dengan serius layaknya sastrawan "Kereta Senja" Intinya dari pelajaran ini adalah kita harus menebak apa itu kereta senja.Karena tidak mungkin aku menceritakan cerita kereta senja begini saja kesimpulannya:
Kereta Senja adalah kereta yang sangat mewah dengan tujuan yang sangat istimewa di mana kita akan di bawa ke tempat yang belum pernah kita temui,lalu setiap kali keluarga yang mengantarkan orang dari salah satu keluarga mereka ke kereta senja selalu sedih namun orang yang naik kereta itu sangat senang"Kira-kira begitu ceritanya(Maaf bila salah karena sudah lupa-lupa ingat)
Lalu guru-ku berkata"Coba kalian sebutkan apa itu Kereta Senja". Kami pun mulai berpikir lalu ada salah satu temanku berkata mungkin itu "sarkem" bagi kalian yang tidak tahu sarkem, sarkem adalah Gang Doli-dolinya Yogyak*rta atau Saritemnya J*gja.Jawaban itu terdengar oleh Bumbeng , dengan sekejap ia menjawab dengan lantang " Saya tahu jawabannya Pak! Pasti Sarkem!" Gurukupun sudah mulai agak marah dengannya karena jawabannya selalu tidak logis, ia menjawab "Coba kamu jelaskan jawabanmu" entah kenapa otak bumbeng bisa lancar sekali menjawab.Ia pun mulai menjelaskan "Jadi begini pak, sarkem adalah tempat di mana biasanya orang-orang menyalurkan hawa nafsunya dengan kupu-kupu malam lalu pasti keluarganya sedih bila salah 1 dari keluarga tersebut ke sarkem.Jadi intinya seperti kereta senja itu pak." 
Bisa kita lihat sebenarnya kita anak SMA tapi dari analisis di atas,apa bedanya dengan analisis anak TK kecil. Guru Sastra-ku marah dengan mencaci maki si Bumbeng.
Dari cerita di atas kita bisa mengerti arti dari Mulutmu Harimaumu.Jadi gunakan mulutmu wisely!


ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق